Judul: Representasi Perempuan dalam Trilogi karya Y.B. Mangunwijaya: Roro Mendut, Genduk Duku, dan Lusi Lindri (Kritik Sastra Feminis)

Penulis: Ratna Laelasari Yuningsih

Subjek: Kritik Sastra

Jenis: Tesis

Tahun: 2000

Abstrak

Penelitian ini dilakukan berdasarkan tanggapan bahwa masyarakat termasuk perempuan dipresentasikan dengan menggunakan perspektif patriarkal. Penelitian ini akan menjawab masalah representasi perempuan yang dilukiskan dalam trilogi karya Y.B. Mangunwijaya, yaitu  apakah  bersifat mengukuhkan, mereinterpretasi, atau ambivalen terhadap ideologi yang berlaku dalam masyarakat Indonesia pada tahun 80-an? 

     Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah reading as a woman  (membaca sebagai perempuan). Pendekatan itu dipilih untuk  menganalisis prasangka dan ideologi patriarkal yang sampai sekarang diasimsikan masih mendominasi penulisan dan pembacaan karya sastra. Selain itu, sosiologi sastra (berperspektif perempuan)  juga digunakan untuk memberi makna terhadap karya sastra karena karya sastra tidak bertolak dari kekosongan makna. Pandangan, sikap, dan nilai yang tertuang dalam karya sastra pada dasarnya dipengaruhi dari tata kemasyarakatan yang berlaku dalam masyarakat.

     Hasil penelitian menunjukkan bahwa representasi perempuan yang dilukiskan dalam novel Roro Mendut, Genduk Duku, dan Lusi Lindri  menginterpretasi ideologi gender yang dianut oleh masyarakat Indonesia pada tahun delapan puluhan, yang telah merepresentasikan perempuan sebagai yang lain. Perempuan dalam tiga novel itu ditampilkan sebagai subjek yang mampu mengenal dirinya serta menemukan dan menentukan dirinya sendiri dalam dunianya. (LS)