Berita Bahasa dan Sastra

06/23/2017 | Seminar dan Lokakarya
Panitia Seminar Leksikografi Indonesia 2017 telah menetapkan daftar pemakalah terpilih untuk mengikuti seminar yang akan dilaksanakan pada tanggal 9—11 Agustus 2017 di Hotel Aryaduta, Jakarta.
06/22/2017 | Siaran Pers
Berdasarkan hasil rapat yang telah dilakukan oleh panitia kegiatan Seminar Nasional dan Ceramah Ilmiah Kemahiran Berbahasa Indonesia, berikut kami informasikan nama-nama peserta yang diterima.
06/22/2017 | Kegiatan
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan (PPSDK) akan menyelenggarakan Simposium Internasional Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Yogyakarta, 23—24 Agustus 2017.
06/20/2017 | Kegiatan
Sebanyak 50 orang guru Bahasa Indonesia di Kota Medan menerima sosialisasi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI). Kegiatan yang diselenggarakan Balai Bahasa Sumatera Utara ini merupakan tindak lanjut dari hasil pengkajian Balai Bahasa Sumatera Utara, terhadap kemampuan tenaga pendidik bahasa Indonesia di Kota Medan dan Deliserdang.
06/14/2017 | Siaran Pers
Berdasarkan hasil rapat yang telah dilakukan oleh panitia kegiatan Seminar Nasional dan Ceramah Ilmiah Kemahiran Berbahasa Indonesia, berikut kami informasikan nama-nama pemakalah penyaji dan pemakalah pendamping yang dapat diunduh.
06/12/2017 | Kegiatan
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa melalui Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan (PPSDK) membuka kesempatan bagi pengajar BIPA di Indonesia untuk berpartisipasi dalam penyebaran bahasa negara melalui pengajaran BIPA di berbagai lembaga penyelenggara program BIPA di luar negeri.

Tokoh Bahasa dan Sastra

Nama lengkap A.A. Navis adalah Ali Akbar Navis, tetapi sepanjang kariernya ia lebih dikenal dengan namanya yang lebih simpel A.A. Navis.
Prof. Dr. Faruk dilahirkan di Banjarmasin pada tanggal 10 Februari 1957.
Julukan yang disandang Radhar Panca Dahana sangatlah beragam. Ia dikenal sebagai esais, sastrawan, kritikus sastra, dan
Trisno Sumardjo lahir di Tarik, Surabaya, pada tanggal 6 Desember 1916. Ayahnya, Mohamad As’ari, seorang guru bantu.
Saini K. M. dilahirkan di Sumedang pada tangga 16 Juni 1938. Ia menyelesaikan pendidikan di Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris IKIP Bandung.

Artikel

  Sriyanto (Peneliti Bahasa) Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa   “Visi saya lima tahun ke depan adalah menjadikan Jakarta semakin maju, aman, adil, dan sejahtera. Untuk dapat mewujudkan itu semua, komitmen saya dan tentunya misi saya adalah, untuk mengatasi semua permasalahan...
Ethnologue (2015) mencatat sebanyak 7.102 bahasa dituturkan di seluruh dunia. Sementara itu, di Indonesia tercatat 707 bahasa yang dituturkan sekitar 221 juta penduduk. Itu berarti bahwa kurang lebih sepuluh persen dari jumlah bahasa di dunia ada di Indonesia. Di satu sisi, hal itu menjadi suatu...
Ada yang mengatakan bahwa permasalahan yang sering kita alami dalam memahami teks sastra terkait dengan sikap filosofis sastrawan. Pendapat yang umum telah disepakati adalah permasalahan dalam pemahaman teks sastra ini muncul bukan melalui eksploitasi semantik (atau pragmatik) khusus dalam sastra,...